SEJARAH HIDUP SYEKH IMAM AL-GHOZALI
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Imam Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau dilahirkan dari keluarga
yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus
sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama
dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat
kepada umat.
Itulah sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan
anaknya (imam al-Ghazali) dan saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil
dititipkan pada teman ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan
bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan
keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa rendah atau
malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan
seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan
sebagai seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456)
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli
(ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf.
Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh
pada imam Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai
mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik,
membaca hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan
yang luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian beliau pergi
ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab
kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul
fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul
hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa ilit dan
kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H.
imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad
Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah
imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat
kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar
tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam
Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan
mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali
menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga
dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al
Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada
tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al
Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah,
Nidzham adalah pendiri madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al
Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn
Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al
Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan
Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat
dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin
populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini
dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat secara
otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan
Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya
seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun
488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap
ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau
menderita penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam
al Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di
madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju
kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau
pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah serupa.
Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang dari tanah suci,
imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus, disinilah beliau
tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai berlangsung selama 10
tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya yang terkenal ” ihya’
‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali
ilmu agama).
Karena disebabkan desakan pada madrasah
nidzhamiyah di Naisabur tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian
beliau madrasah bagi para fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para
mustafifah. Di kota inilah (Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1
desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat
‘inda amanat mengatakn, Ahmad saudaranya imam al Ghazali berkata pada
waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat, kemudian beliau
berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan
menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku
mendengar dan taat untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya
dan menghadap kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu
meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus)
pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali
dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam
bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam
bidang lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di
madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.[15]
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.[15]
Dengan demikian
imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid beliau
kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi
ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-karya
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras.
3. Mi’yar al-‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras.
3. Mi’yar al-‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia
terhadap gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada
tahun 478 H. sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam
al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik
Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur ini
imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn
Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M).
Setelah gurunya
wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat
kehormatan untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenangkan ini, namanya semakin populer dan desegani karena keluasan
ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru
besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz
min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya imam al
Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al
Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya terhadap
filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis)
trhadap ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau
menderita penyakit selama dua bulan.
Al-Ghazali; Pencari Ketenangan Jiwa Sejati
PADA masa pemerintahan Bani Saljuq, Universitas Baghdad dan Universitas
Naishabur merupakan perguruan tinggi terkemuka. Dari kedua perguruan
tinggi ini tercetak lulusan yang berintelektual tinggi. Tak heran, kedua
universitas ini merupakan dambaan setiap orang untuk menimba ilmu di
dalamnya.
Semasa Abu Ma’ali, Imam al-Haramain menjabat Rektor dan
Guru Besar Universtias Naishabur (400 – 478 H), ratusan ribu mahasiswa
giat menghadiri kuliah-kuliahnya. Para mahasiswa itu mencatat dan
menghafal yang diajarkan Abu Ma’ali dan Imam al-Haramain. Di antara
ratusan ribu mahasiswa tersebut muncul tiga mahasiswa yang betul-betul
cemerlang dan memiliki kemampuan yang luar biasa. Mereka adalah Muhammad
al-Ghazali, Kiahsari, dan Ahmad bin Muhammad al-Khawwafi. Bahkan Imam
al-Haramain pernah menjuluki ketiganya dengan sebutan, ”Al-Ghazali
adalah samudera yang bergelombang, Kiahsari singa pemburu, dan
Al-Khawwafi api yang membakar.” Ucapan Imam al-Haramain tentang ketiga
orang itu menjadi buah bibir di hampir setiap mahasiswa. Dari ketiga
orang itu, al-Ghazali-lah yang lebih menonjol. Ialah yang menjadi
bintang dan buah hati sivitas akademika Universitas Naishabur.
Sepeninggal Imam al-Haramain (wafat pada 478 H), tidak ada orang yang
sejajar di negeri itu. Al-Ghazali memutuskan untuk pergi mengunjungi
Wazir Saljuq yang arif, Khawajeh Nizamul Mulk, yang senantiasa
dikelilingi oleh cendekiawan-cendekiawan dan orang yang berwibawa. Di
sini al-Ghazali mendapatkan sambutan dan penghargaan yang serupa. Dalam
acara-acara diskusi dan mubahatsah (dialog) ia senantiasa mengungguli
lawan-lawannya.
Dengan mengandalkan kemampuan intelektual dan
kepandaiannya dalam memecahkan berbagai masalah, akhirnya pada 484 H,
dengan penuh keagungan dan sambutan yang hangat, al-Ghazali diangkat
menjadi Rektor Universitas Baghdad. Berarti al-Ghazali telah memegang
suatu jabatan akademis dan ruhani yang paling tinggi di zamannya.
***
MESKI kini al-Ghazali sudah menduduki kedudukan yang terhormat, guncangan jiwa yang ia rasakan sebelumnya bertambah terasa menekan. Kedudukan dan seluruh keagungan yang didapatnya itu justru menyulut tekanan perasaannya. Selama masa studi, al-Ghazali selalu mencari “sesuatu” untuk dirinya: keyakinan, ketenangan, dan thuma’ninah an-nafs. Popularitas dan kebesar yang diraihnya tidak dapat mengobati “luka” batinnya itu.
***
MESKI kini al-Ghazali sudah menduduki kedudukan yang terhormat, guncangan jiwa yang ia rasakan sebelumnya bertambah terasa menekan. Kedudukan dan seluruh keagungan yang didapatnya itu justru menyulut tekanan perasaannya. Selama masa studi, al-Ghazali selalu mencari “sesuatu” untuk dirinya: keyakinan, ketenangan, dan thuma’ninah an-nafs. Popularitas dan kebesar yang diraihnya tidak dapat mengobati “luka” batinnya itu.
Dalam posisi dunianya yang paling tinggi itu dirasa
mengotori dirinya dalam mencapai hakikat kebenaran yang sejati
sekaligus mengobati lukanya itu. Ia menyadari, dengan argumentasi dan
diskusi-diskusi, dahaga ruhnya kian mencekik tidak akan terpuasi. Ia
tahu, dengan belajar dan mengajar, riset dan diskusi, tidak akan
memadai. Perlu sekali melakukan sair dan suluk (perjalanan mencari dan
mengenal Rububiah Allah dan ubudiah hamba), berusaha membersihkan ruh
dari sifat-sifat tercela dan menghiasi dengan sifat-sifat terpuji dan
takwa kepada Allah SwT.
Al-Ghazali berkata kepada dirinya, bahwa
arak, apabila namanya saja, tidak akan mengakibatkan mabuk; roti,
apabila hanya namanya, tidak akan memberi rasa kenyang; dan obat,
apabila hanya nama, tidak akan memberikan kesembuhan; begitu pula
diskusi tentang hakikat, kebenaran, dan kebahagiaan, juga tidak akan
memberikan ketenangan, keyakinan, dan tuma’ninah an-nafs (ketenangan
jiwa). Menurutnya, untuk mencapai hakikat, harus suci dan ikhlas; dan
ini tidak bisa dicapai dengan cinta dunia, ketenaran, dan pangkat.
Goncangan itu terus bergejolak dalam diri al-Ghazali.
Selama enam
bulan penyakit itu dideritanya bagaikan tumor yang ganas, hingga sampai
mengganggu tidur dan makannya. Mulut al-Ghazali tidak mau lagi
berbicara dan berdiskusi. Akhirnya ia menderita sakit maag. Para dokter
mengatakan, al-Ghazali mengalami gangguan jiwa.
Al-Ghazali
memohon kepada Allah SwT membantunya melepaskan diri dari derita itu.
Hingga sampai suatu saat ia merasa bahwa segala kebesaran dan
keagungannya menjadi sangat tidak berarti apa-apa di hadapan Allah SwT.
Dengan alasan pergi ke Makkah, al-Ghazali meninggalkan kota Baghdad.
Setibanya di suatu tempat, dan orang yang mengantarnya sudah kembali
lagi, al-Ghazali mengubah haluannya ke arah Syam dan Baitul Maqdis.
Ditanggalkan jubah kebesarannya agar tidak dikenal dan diganggu orang
dalam menelusuri perjalanannya.
Lama sekali ia menyelami samudera
Siar dan Suluk hingga tercapailah apa yang diidam-idamkannya, Al-yaqin
dan tuma’ninah an-nafs, keyakinan dan ketenangan jiwa. Sepuluh tahun ia
tenggelam dalam tafakur, kahlwat, dan riyadhah, dalam ibadahnya kepada
Allah SwT.
Komentar
Posting Komentar